Empat Venue PON Diserahkan ke Pemprov Papua

Kementerian Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat (PUPR) secara resmi menyerahkan pengelolaan empat venue kepada Pemprov Papua, untuk keperluan pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX, Oktober 2021 mendatang.

Empat venue itu yakni Aquatic dan Istora Papua di Kampung Harapan Kabupaten Jayapura. Kemudian venue Hoki dan Kriket di Doyo, Distrik Waibu Kabupaten Jayapura.

Sekda Papua Dance Flassy usai menerima aset tersebut mengatakan, tantangan yang dihadapi saat ini adalah penyiapan anggaran yang jumlahnya mencapai puluhan miliar, guna merawat seluruh venue PON.

Sementara untuk menyiasatinya, Dinas Olahraga dan Pemuda Papua segera membentuk Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD), yang bertanggungjawab mengelola venue sekaligus melakukan perawatan.

“Ini sebuah tanggungjawab yang sangat besar ya. Sehingga saya harap pengelolaannya harus seperti di Senayan Jakarta, dimana semua venue itu dikelola pihak ketiga”.

“Dan tentunya kita akan terus koordinasi dengan kementerian bahkan Koni Pusat maupun daerah lainnya di Indonesia, supaya kedepan bisa dilakukan iven nasional maupun daerah. Sehingga semua venue di Papua itu bisa terawat dengan baik,” kata dia.

Kepala Balai Prasarana Pemukiman Wilayah Papua, Cornelis Sagrim menyebut empat vanue yang diserahterima bernilai Rp 900 miliar.

Sementara dalam waktu dekat, akan ada penyerahan tiga venue lagi setelah penataan kawasan rampung dilakukan.

Tiga venue itu, yakni Sepatu Roda (90 persen), Panahan (100 persen) serta dayung yang masih dalam tahap kontruksi, dimana proses pengerjaannya menunggu Balai Wilayah Sungai Papua melakukan reklamasi wilayah pantai.

“Targetnya selesai Juli atau Agustus. Begitu rampung langsung kita serahkan,”ucapnya.