Izaac Hindom Tutup Usia

       "Mantan Gubernur Irian Jaya (Irja) yang ke-6, Izaac Hindom, Rabu, (11/03) pukul 9.30 WIT, meninggal dunia di RSUD Dok II Jayapura, setelah terkena penyumbatan di bagian paru-paru. Almarhum menghembuskan nafas terakhir, setelah sebelumnya dirawat selama delapan hari di rumah sakit rujukan tersebut. Saat ini, jenazah almarhum sementara disemayamkan dirumah duka, Angkasa Indah, Distrik Jayapura Utara, Kota Jayapura.

Sementara dari pantauan wartawan di rumah duka, para pelayat dari Instansi Pemerintah dan TNI/Polri terus berdatangan memberikan dukungan kepada pihak keluarga yang ditinggalkan. Tak ketinggalan seluruh elemen mahasiswa dan pengurus Universitas Sains dan Teknologi Jayapura (USTJ), turut hadir memberikan dukungan. Untuk diketahui, almarhum lahir di Desa Adora Kabupaten Fakfak, tanggal 23 Desember 1930.

Riwayat jabatan beliau, antara lain pernah menjabat sebagai Wakil Gubernur selama dua tahun (1980-1982). Setelah itu, Almarhum menggantikan Gubernur Irja ke -5 Drs. Gusiri Suryowinoto yang meninggal dunia dan menjabat sebagai kepala Pemerintahan di Provinsi tertimur di Indonesia ini, sejak tahun 1982-1987.

Sementara itu, Ricky Hindom, anak kedua dari almarhum ketika ditemui wartawan, Rabu kemarin, mengatakan meninggalnya Ketua Yayasan Bhineka Tunggal Ika ini disebabkan adanya penyumbatan di paru-paru, sehingga fungsi dari paru-paru tidak dapat berfungsi dengan baik. Menurutnya, almarhum akan dimakamkan di Pemakaman Umum Kristen Abepura (Tanah Hitam) dekat Almarhum Ny. Hindom. Namun belum ada kepastian kapan waktu penguburan sebab masih menunggu pihak keluarga dari Kabupaten Fakfak.