Constant Karma Ditunjuk Gantikan Syamsul Rivai

       Menteri Dalam Negeri resmi menun juk Drh. Constant Karma sebagai Penjabat Gubernur Provinsi Papua menggantikan DR. Syamsul Arief Rivai,MS yang telah memasuki masa pensiun pada tanggal 1 November 2012 yang lalu.

       Constant Karma yang sebelumnya menjabat sebagai Sekertaris Daerah (Sekda) Provinsi Papua, dilantik dan diambil sumpah jabatan oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi, bertempat di Gedung F Kantor Kementerian Dalam Negeri Jakarta, Senin (5/11) pagi.

      Dilantiknya Karma, didasarkan atas Keputusan Presiden (Kepres) Nomor 89/P/2012, tertanggal 9 Oktober 2012. Sejumlah pihak yang hadir pada acara pelantikan, yakni pejabat Eselon I dilingkungan Kementrian Dalam Negeri, serta sejumlah pimpinan SKPD dilingkungan Provinsi Papua.

      Dalam sambutannya Mendagri Gamawan Fauzi, menjelaskan bahwa jabatan sebagai Penjabat Gubernur adalah merupakan hal yang sifatnya hanya sementara, dan merupakan hal yang biasa serta lumrah dalam mempersiapkan pimpinan daerah yang definitif.

      Mendagri mengakui Papua merupakan wilayah yang berkarakter khusus dengan kompleksitas masalah yang ada, sehingga sangat membutuhkan figur pemimpin yang juga semestinya memiliki kredibilitas maupun integritas, disamping memenuhi kecukupan pengalaman dan pemahaman atas kondisi daerah.

      Oleh karena itu, Mendagri pada kesempatan tersebut mengingatkan Penjabat  Gubernur Papua, bahwa tugas yang diemban ini sifatanya hanya sementara guna melanjutkan penyelenggaraan pemerintahan di Provinsi Papua sampai terpilih dan dilantiknya Gubernur dan Wakil Gubernur Papua yang definitive.

      “Karena itu, Penjabat Gubernur harus melakukan koordinasi dan fasilitasi penyelenggaraan pemilukada gubernur dan wakil gubernur yang saat ini tahapannya sedang berlangsung. Sehingga dalam kaitannya dengan hal ini, saya ingatkan Penjabat Gubernur untuk selalu bersifat netral dan membantu mensukseskan penyelenggaraan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Papua,” imbaunya.

Karma Siap Lanjutkan Tugas
Sementara itu, Penjabat Gubernur Papua, Cosntant Karma seusai pelantikan dengan tegas menyatakan siap melanjutkan tugas yang diamanatkan kepadanya serta siap menjaga amanah yang diturunkan.

      "Tentunya sebagai Penjabat Gubernur yang ditunjuk saya menyatakan siap menjalankan tugas ini sesuai dengan arahan Mendagri. Saya kira bagus sekali apa yang disampaikan Mendagri bahwa kita ingin semua elemen masyarakat di Papua ikut berpartisipasi untuk mewujudkan sebuah Pilkada yang demokratis”.

       “Dan saya punya hubungan yang baik dengan semua kalangan masyarakat dan pemerintahan di Papua . Oleh karena itu, pada kesempatan ini saya juga meminta dukungan dari semua elemen masyarakat agar kita bersama-sama mengawal dan melaksanakan pemilukada di Papua agar bisa berjalan cepat, tepat, demokratis dan sebagaimana mestinya.