Gubernur : Herman Asaribab Akan Dikirim Sekolah ke AS

     Gubernur Papua, Lukas Enembe, S.IP. MH, mengatakan Pemerintah Provinsi Papua akan membiayai Komandan Korem 172/Praja Wira Yakthi Kolonel Inf Herman Asaribab untuk melanjutkan pendidikan militernya di Amerika Serikat. Jadi, Komandan Korem 172/Praja Wira Yakthi Kolonel Inf Herman Asaribab, kita akan biayai untuk melanjutkan ilmu milternya di Amerika Serikat, tempat dimana, dulu Presiden Susilo Bambang Yudhayono juga mengikuti ilmu militer di negeri paman sam tersebut. Ujar Gubernur Lukas Enembe pada pembukaan Konferensi II Kamar Adat Pengusaha Papua Tahun 2013 di Hotel Sahid, Entrop Jayapura, Rabu, (17/7).

     Gubernur berharap, ada anak-anak Papua kedepan harus ada yang bisa mendapat pangkat Jenderal baik di Polri maupun di Tentara Nasional Indonesia. ‘’Anak-anak Papua harus ada yang Jenderal, itu harapan saya sebagai Gubernur Papua,’’ Ungkap Gubernur. Dikatakan, Pemerintah Provinsi Papua juga tetap akan melanjutkan beberapa program yang telah dibuat oleh gubernur sebelumnya, yakni program seribu doctor. Oleh karena itu, kita akan melanjutkan program ini, karena bagus untuk Papua kedepan. “Program seribu doctor ini bagus, untuk menyiapkan generesi Papua kedepan,’’ Paparnya.

      Sebelumnya, Gubernur juga mengatakan siap memberikan beasiswa kepada anggota Polri yang bertugas di Papua, jika ada yang melanjutkan studi ke luar negeri (LN). Menurut Gubernur, anggota  Polri yang bertugas di Papua punya hak untuk mendapat bantuan pendidikan, asalkan sesuai hasil seleksi yang baik di tingkat Nasional. Karena dalam undang-undang Otonomi Khusus (Otsus) telah diatur soal kepolisian Papua, tapi selama 12 tahun Otsus di Papua belum diimplementasikan. Jadi, bukan saja Polri, Kalau ada anggota TNI yang punya prestasi dan ingin meningkatkab SDM-nya, kami akan biayai, karena aturannya sudah sangat jelas diatur dalam undang-undang Otsus Papua," Ungkapnya.