Penentuan Sayembara Maskot PON 2020 Tunggu Gubernur

   Panitia Sayembara logo/maskot dan jingle PON XX  tahun 2020   mengumumkan, bahwa seleksi yang sebelumnya diikuti sebanyak 100 peserta tersebut telah memasuki lima besar.Dari lima besar ini, kemudian panitia bakal menentukan tiga pemenang yang nantinya akan masuk pada tahap final namun untuk penentuannya akan dilakukan langsung oleh Gubernur Provinsi Papua, Lukas Enembe,SIP, MH.

        Hal demikian sebagaimana penegasan Ketua Panitia sayembara logo/maskot dan jingle PON XX tahun 2020, Rifai Darus kepada pers, kemarin. "Jadi, sekarang ini sudah sampai lima besar dan nanti pemenang tiga besar sayembara menunggu Gubernur Papua. Dan intinya pengumuman pemenang ini nanti disampaikan sebelum pendaftaran Papua sebagai tuan rumah PON 2020,” tuturnya.Sementara itu, Sekretaris KONI Papua Yusuf Yambeyabi mengatakan proses seleksi sayembara PON XX sebelumnya diikuti sebanyak 100 peserta sayembara yang kemudian disaring menjadi 82 peserta dan saat ini telah memasuki tahap lima besar.

      Dari tahap lima besar ini, akan langsung disaring lagi menjadi tiga besar yang kemudian diputuskan untuk mengambil satu orang peserta menjadi juara. Pemenang sayembara ini nantinya akan dibawa ke Jakarta sebagai apreasiasi bagi pemenang, untuk mendaftar sebagai tuan rumah PON tanggal 25 November 2013.Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Papua ini bakal meminta masukan kepada Ketua Majelis Rakyat Papua (MRP) agar dapat memberi masukan terhadap seluruh maskot yang telah tersaring dalam 5 besar. Nantinya MRP juga akan menilai apakah maskot memunculkan budaya, agama dan perempuan yang tentunya ini penting di Tanah Papua agar bagaimana untuk maskot yang terpilih itu melihat keterwakilan Papua
sendiri," tukasnya.

      Pada kesempatan yang sama, Ketua MRP Timotius Murib menyatakan       keinginan Papua untuk menjadi tuan rumah PON merupakan satu tugas yang sangat berat, sebab sebelumnya Papua harus mengikuti kegiatan Pra PON tahun 2016 di Jawa Barat. Dimana pada ajang itu akan dipakai sebagai pembuktian keseriusan Papua untuk menjadi tuan rumah. Karena itu, pihaknya barharap agar penentuan maskot, jingle dan logo PON Papua nantinya harus dapat segera difinalisasi secepatnya sehingga dapat didaftarkan pada tanggal 25 November 2013 mendatang.