Gubernur Lantik Penjabat Bupati Asmat, Keerom dan Waropen

JAYAPURA – Gubernur Papua Lukas Enembe, Senin (16/11) resmi melantik dan mengambil sumpah jabatan tiga Penjabat Bupati, yakni Elisa Auri Penjabat Bupati Asmat, Doren Wakerkwa Penjabat Bupati Keerom, dan FX Motte sebagai Penjabat Bupati Waropen.

 

Pelantikan tersebut diadakan di Kantor Gubernur Dok II Jayapura.

 

Dalam surat keputusan itu, ketiga penjabat bupati ini nantinya bertugas menyelenggarakan pemerintahan di kabupaten yang mereka jabat serta memfasilitasi penyelenggaraan pemilihan bupati dan wakil bupati yang defenitif serta menjaga netralitas Pegawai Negeri Sipil (PNS). Masa  jabatan ketiga penjabat ini paling lama selama satu tahun. 

 

Acara pelantikan tiga penjabat bupati ini selain dihadiri Forkompimda Papua serta hampir seluruh kepala SKPD di lingkungan Pemprov Papua, juga dihadiri tiga mantan bupati yakni Bupati Asmat Yuvenisius A Biakai, Bupati Keerom Yusuf Wally dan Bupati Yesaya Buinei serta para anggota DPRD dari ketiga kabupaten ini.

 

Selain itu juga nampak hadir para bupati diantaranya Bupati Mamberamo Tengah Ricky Ham Pagawak, Penjabat Bupati Nabire Sendius Wonda, Bupati Mimika Eltinus Omaleng, Bupati Paniai Hengky Kayame, Bupati Pegunungan Bintang Wellington Wenda,  Wakil Bupati Yapen Yeremias.

 

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Papua Lukas Enembe berharap ketiga Penjabat Bupati dapat menyelenggarakan tugas dengan baik. Khususnya dalam memfasilitasi dan mensukseskan penyelenggaraan Pilkada di tiga kabupate tersebut.

 

“Tiga orang yang dilantik kali ini sudah memenuhi persyaratan untuk menjalankan tugas di tiga kabupaten itu. Namun tugas utama mereka adalah memfasilitasi Pilkada sampai ke pelantikannya,” pesan Gubernur.