Petani Kota Jayapura Diundang Ikut Upacara HUT RI di Istana Merdeka

Seorang Petani asal Kota Jayapura, Karel Patipeme, menjadi salah satu dari tiga orang yang diundang Presiden Joko Widodo, menghadiri upacara HUT Kemerdekaan ke-72 Republik Indonesia, di Istana Merdeka Jakarta.

Menurut Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura (DTPH) Papua Semuel Siriwa, terseleksinya Karel Patipeme, karena yang bersangkutan dipandang sebagai petani teladan yang berhasil meningkatkan hasil produksi pertaniannya.

“Tim dari Kementerian Pertanian beberapa waktu lalu, bahkan sudah ke Papua bertemu dengan Karel dan memberitahukan secara langsung. Kemudian kami dari dinas juga sudah menerima surat pemberitahuan resmi dari kementerian terkait,” terang Semuel di Jayapura, Jumat (11/8) kemarin.

Ia mengapresiasi keberhasilan petani asal Papua yang berhasil terpilih dari 34 provinsi yang ada di Indonesia. Oleh karena itu, semangat juang seorang Karel Patipeme, wajib ditiru oleh para petani di Bumi Cenderawasih.

“Sebab memang dalam pengamatan kami Karel yang tadinya memiliki usaha pertanian masih dalam skala kecil, tapi dalam waktu tidak terlalu lama sudah mulai meningkat pesat”.

“Yang bersangkutan terlihat terus-menerus menanam. Hingga pada akhirnya bisa punya hasil yang maksimal. Ya memang dari aspek totalitas, hasil usahanya dibanding provinsi lain masih kurang. Tapi semangat dia untuk maju ini yang dilihat oleh pusat sangat bagus. Mungkin hal itu yang membuat pihak kementerian menilai dia (Karel,red) sangat layak,” tuturnya.

Semuel menambahkan, bila usaha pertanian milik Karel Patipeme yang berlokasi di Koya, Kota Jayapura terus memperlihatkan peningkatan, yang bersangkutan berpotensi diangkat sebagai penyuluh DTPH Papua.

“Apalagi kami pada daerah yang melaksanakan Gerakan Bangkit Mandiri dan Sejahtera (Gerbangmas),  kita hampir selalu mengangkat petani menjadi penyuluh. Intinya, kita mau selalu ada pendampingan dari penyuluh supaya usaha pertanian dari petani, bisa meningkat dan maksimal,” tutupnya.