Disorda Minta Kantor Penghubung Papua di Jakarta Gencar Sosialisasi PON

Untuk memaksimalkan pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2020 di Bumi Cenderawasih, Dinas Olahraga dan Pemuda Papua, Rabu kemarin melakukan sosialisasi pelaksanaan iven empat tahunan itu di Kantor Penghubung di Jakarta.

Dalam rilis yang diterima harian ini, disebutkan sosialisasi dipimpin Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda Papua Yusuf Yambe Yabdi.

Yusuf dalam pemaparannya berharap iven yang menjadi catatan sejarah bagi masyarakat Papua ini, mesti mendapat dukungan dari seluruh masyarakat Bumi Cenderawasih, tak terkecuali yang ada Jakarta.

“Sebab PON XX ini merupakan momentum bagi kita orang Papua untuk menunjukkan kepada dunia, bahwa provinsi tertimur di Indonesia mampu melaksanakan perhelatan olahraga terbesar di tanah air”.

“Dengan begitu, kita akan dipandang sejajar dengan wilayah lain di Indonesia,” terang Yusuf dalam paparannya, yang dihadiri Kepala Penghubung Papua di Jakarta, Alexander Kapisa bersama staf.

Menurut dia, tempat pelaksanaan PON XX 2020 sudah ditentukan. Yakni di, Kota dan Kabupaten Jayapura, Mimika, Merauke, Biak, dan Jayawijaya.

Saat ini, pemerintah provinsi tengah menunggu diterbitkannya Instruksi Presiden (Inpres) PON sebagai tindak lanjut dari hasil sidang kabinet terbatas Juli lalu. Inpres ini akan mendukung penyiapan venue pertandingan/perlombaan, termasuk strategi penangan peserta dan official pada saat pelaksanaan PON.

“Yang pasti kami akan membutuhkan banyak dukungan dan bantuan dari berbagai pihak untuk mensukseskan pelaksanaan PON XX 2020 ini. Tentunya saya berharap Kantor Penghubung Papua, berkenan membantu kami, mulai saat ini sampai pelaksanaan PON. Apalagi, posisi Kantor Badan Penghubung di Jakarta sangat strategis,” ucap dia.

Sementara Kepala Kantor Badan Penghubung Papua di Jakarta, Alexander Kapisa mengapresiasi dan siap mendukung peaksanaan PON XX 2020.

“Yang pasti kita akan mendukung supaya PON XX ini bisa terwujud di Papua pada 2020 mendatang. Kita juga siap mensosialisasikan pelaksanaan PON Papua kepada masyarakat yang ada di ibukota (Jakarta,red),” pungkasnya.