Masterplan PON XX 2020 Akan Disosialisasikan ke Lima Cluster

Sebelum dituangkan ke dalam bentuk buku panduan, masterplan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2020, bakal terlebih dahulu disosialisasikan ke lima klaster yang menjadi tempat pelaksanaan iven empat tahunan tersebut.

Hal demikian disampaikan Ahli Perencenaan Masterplan PON 2020 Heribertus Yusatma, kepada pers di Jayapura, kemarin.

“Sosialisasi ke lima kluster ini merupakan tugas tambahan dari Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda Papua. Yang pasti kita targetkan sosialisasi ini bisa rampung di Januari 20118 mendatang, sehingga bisa segera diserahkan kepada Kementerian,” ucap dia.

Pada kesempatan itu, dia juga memastikan penyusunan Masterplan penyelenggaraan PON XX tahun 2020, ditargetkan rampung pada Januari 2018 mendatang. “Dengan demikian kita berharap pelaksanaan persiapan PON XX 2020, dapat terlaksana tepat waktu dan sesuai harapan,” pungkasnya.

Sebelumnya, Ketua Tim Penyusunan Master Plan PON XX 2020, Iwan Barata menyoroti kebutuhan penginapan bagi atlet dan official yang wajib dirampungkan secepatnya. Dia pun mengkaji kemungkinan disediakannya hotel apung, guna memenuhi kebutuhan akomodasi penginapan bagi atlet maupun official, saat perhelatan iven empat tahunan itu di bumi cenderawasih.

Diakuinya, sangat sulit untuk melakukan pembangunan gedung yang akan menjadi tempat tinggal atlet maupun official saat PON XX 2020. Sebab selain sulit mencari lokasi, keterbatasan anggaran menjadi kendala lain yang patut dipertimbangkan.

Kendati demikian, jika memiliki anggaran yang cukup, dia mengusulkan agar dibangun sebuah rumah susun (rusun) atau wisma, yang nantinya dapat digunakan oleh masyarakat.

Selain rumah susun, Ia mengusulkan Provinsi Papua meniru pembangunan perumahan/penginapan seperti yang dilaksanakan saat PON 2004, 2008 dan 2012. Dimana banyak diantaranya melibatkan rumah penduduk.

Sehingga nantinya, perumahan itu pada akhirnya bakal dihibakan untuk memenuih kebutuhan masyarakat.