Sekda Ucapkan Terima Kasih Bagi Warga Yang Sudah Memilih

Sekretaris Daerah (Sekda) Papua Hery Dosinaen mengucapkan terima kasih atas partisipasi seluruh masyarakat yang sudah menyalurkan hak pilihnya di tempat pemungutan suara (TPS) saat Pilkada Gubernur dan Bupati di tujuh kabupaten.

Pihaknya juga mengapresiasi masyarakat Papua yang sudah menjaga keamana dan ketertiban selama perhitungan suara berlangsung.

“Saya mengucapkan terima kasih atas partisipasi masyarakat dalam Pilkada Gubernur kemarin. Ini merupakan kesadaran dari masyarakat ingin memilih pemimpinnya lima tahun mendatang. Untuk itu, sekali lagi kami mengapresiasi semua itu,” terang Hery di Jayapura, kemarin.

Hery pada kesempatan itu juga berterima kasih secara khusus bagi seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan pemerintah provinsi dan kabupaten/kota se-Papua yang telah menjaga netralitasnya sebagai abdi negara dalam perhelatan Pilkada Gubernur dan Bupati.

Sebab sampai saat ini dirinya belum menerim laporan dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Papua terkait keterlibatan seorang ASN dalam Pilkada.

“Yang jelas untuk ASN sesuai dengan aturan UU tidak boleh berpolitik praktis. Tapi punya hak pilih dan sampai saat ini tidak ada ASN di lingkungan Pemprov Papua yang langgar ketentuan itu.”

“Makanya, saya atas nama Penjabat Gubernur Papua berterima kasih kepada seluruh ASN di provinsi dan kabupaten kota yang selama perhelatan Pilkada tidak terlibat atau berpolitik dan mendukung seorang kandidat. Saya harap netralitas ini terus dijaga sehingga profesionalisme sebagai ASN bisa terus diwujudkan,” serunya.

Menyoal netralitas ASN Pemprov Papua, Penjabat Gubernur Papua Soedarmo pun sependapat dengan Sekda Papua. Dimana keduanya sepakat memuji netralitas yang ditunjukan ASN di Papua. Hal demikian dibuktikan dengan belum adanya laporan keterlibatan ASN mendukung salah satu pasangan calon.

Berbeda dengan penemuan dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) secara nasional yang melaporkan sekitar 40 ribu lebih ASN dari Sabang hingga Makuku, terindikasi mendukung salah satu pasangan calon.

“Bagi saya ini merupakan hal yang luar biasa. Sehingga sikap netralitas ini perlu di pertahankan,” harapnya.