Gereja Diminta Bermitra Dengan Pemerintah Membangun di Papua

Asisten Bidang Pemerintahan Sekda Provinsi Papua Doren Wakerkwa mengimbau seluruh lembaga gereja yang ada di bumi cenderawasih untuk dapat bermitra dengan pemerintah daerah, di dalam upaya pelaksanaan pembangunan diatas tanah ini.

Selain berpatisipasi membangun bersama pemprov, baik dibidang ekonomi, pendidikan, kesehatan dan sumber daya manusia, pihak gereja juga diminta membantu didalam upaya menjaga ketenangan, kedamaian, kemurnian serta tak terpancing oleh isu yang memecah belah.

“Sebab gereja ini merupakan pilar penting bagi bangsa yang dapat mensinergikan kemampuan dan kekuatan bagi pemerintah untuk mencapai tujuan pembangunan nasional,” terang Asisten Doren Wakerkwa pembukaan Sidang Majelis Daerah IV BPD Papua Gereja Bethel Indonesia (GBI), di Jayapura, Rabu (11/7).

Doren menilai tepat pelaksanaan sidang yang merupakan bagian dari sebuah proses evaluasi organisasi, dalam rangka penataan dan perbaikan berbagai hal yang kurang. Sehingga melalui kegiatan ini, dia optimis seluruh tantangan yang dihadapi gereja akan mampu terjawab dan sukses dilewati.

“Apalagi tema sidang majelis daerah adalah "Tahun Penuaian Raya"  yang juga menjadi semangat bagi setiap hamba - hamba Tuhan di organisasi GBI. Sehingga kita harap semua pihak yang terlibat agar dapat memberikan memberikan andil dan berkarya pada upaya pengembangan kerohanian diatas tanah ini,” pungkas dia.

Pada kesempatan itu, Doren menilai peran gereja yang sangat penting dan vital dalam menunjang proses pembangunan di wilayah Bumi Cenderawasih. Sebab tanpa keterlibatan tokoh agama di Papua, maka pembangunan di provinsi ini tak dapat berjalan maksimal.

Ketua Panitia penyelenggara, Pdt. Nobel mengatakan kegiatan sidang selama tiga hari tersebut turut dihadiri pemimpin gereja GBI dari dari Kabupaten  Asmat, Sarmi, Keerom, Merauke, Boven Digoel, Mappi, Kepi dan Jayapura.

Melalui kegiatan tersebut, diharapkan mampu merubah pola pikir para pelayanan Tuhan yang hadir, namun terus bersemangat dalam melayani Allah. “Karena kadang setiap mulai lelah, maka lewat momentum kegiatan seperti ini mereka bisa lebih semangat kembali.”

“Hanya yang penting juga dalam tiga hari ini kami akan melakukan pembinaan spiritual dan mental untuk para pelayanan tuhan. Serta ada juga pemilihan ketua dewan pimpinan daerah yang baru serta pelantikan pendeta GBI baru,” tuturnya.