Pengrajin Papua Ditantang Siapkan Souvenir PON XX

Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3A-KB) Provinsi Papua meminta perempuan penyintas agar menyiapkan noken untuk dijadikan souvenir pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020 di Bumi Cenderawasih, Papua. 

Kepala DP3A-KB Provinsi Papua, Anike Rawar, mengatakan pihaknya sudah mengajak Perempuan Papua untuk tetap menganyam noken sebagai souvenir pada PON.

“Kita siapkan tas noken hasil karya budaya lokal Papua sebagai cendramata bagi atlet – atlet yang datang ke Papua di lima cluster, yakni Timika, Merauke, Wamena, Biak, Kabupaten Jayapura dan Kota Jayapura,” kata Anike Rawar kepada wartawan usia membuka Pameran Kerajinan Perempuan Penyintas di halaman kantor DP3A-KB Provinsi Papua, Selasa (6/11).

Menurut Anike, para perempuan penyintas atau pengrajin noken di Kota dan Kabupaten Jayapura ini harus siap memberikan hasil ini, sehingga para atlet maupun official yang datang bisa membeli hasil karya mama-mama Papua.

“Saya mengharapkan kepada semua perempuan harus bangkit dan kembali untuk berbagi dengan teman lain,” jelasnya.

Selain itu, lanjut Anike, hasil karya mama-mama Papua ini akan dibeli Pemerintah Provinsi Papua untuk mendukung pelaksanaan PON XX tahun 2020.

“Kalau budaya lokal di Jawa dikerjakan dengan alat mesin canggih, sementara di Papua dikerjakan dengan tangan yang sederhana, tapi nilainya sangat tinggi,” katanya.

Sebelumnya, Sekda Papua, TEA Hery Dosinaen, SIP, MKP, MSi mengatakan, Pemprov Papua telah mengeluarkan instruksi bagi setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungannya untuk menyiapkan cenderamata atau souvenir dalam PON XX tahun 2020 di Papua. 

Nantinya, setiap SKPD ini akan berkoordinasi bersama PB PON untuk menyiapkan hal-hal terkait dengan event olahraga nasional empat tahunan itu, termasuk souvenir atau cenderamata. 

“Pastinya semua SKPD sesuai tugas pokok dan fungsinya pastinya akan menyiapkan suvenir-suvenir iven olahraga nasional ini, seperti Dinas Kehutanan Povinsi Papua yang akan bersinergi dengan PB PON,” imbuhnya.