Gubernur Lukas Enembe Diusulkan Terima Gelar Honoris Causa

JAYAPURA - Gubernur Papua, Lukas Enembe mendapat usulan untuk diberi gelar kehormatan Doktor Honoris Causa. 

Adapun pengusulan gelar oleh Universitas Cenderawasih Jayapura, atas dasar deretan prestasi yang diraih, diantaranya keberhasilan melaksanakan PON serta delapan kali berturut-turut membawa Pemprov Papua meraih predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI.


“Kita dari Uncen Jayapura sudah mengamati Lukas Enembe sejak 2007 hingga saat ini. Sejak memimpin Puncak Jaya hingga Papua, ada banyak prestasi yang bisa ditelaah secara akademik maupun jasa sosial kemasyarakatan dan pembangunan”


“Contoh terakhir yaitu hadirnya PON XX di Papua, belum lagi prestasi lainnya seperti di bidang sosial kemasyarakatan yang membuat kami terobsesi memberikan gelar Doktor Honoris Causa kepada Gubernur Papua,” terang Direktur Program Pasca Sarjana Uncen, Prof. Dr. Drs. Akbar Silo, MS disela-sela Ramah Tamah Gubernur Papua, Lukas Enembe dengan Universitas Cendrawasih di Jayapura, Senin (13/6/2022). 


Meski begitu, pengusulannya nanti akan mendapatkan referensi dari masyarakat, seperti tokoh gereja, pendidikan, adat dan lainnya. 


“Tentunya kita harap rencana pengusulan ini lancar serta memenuhi persyaratan. Dimana langkah pertama kami lakukan berkoordinasi secara kelembagaan mulai dari program doktornya dan koordinasi dengan FISIP Uncen”. 


“Juga agar mereka bersepakat untuk diusulkan melalui Rektor lalu dipertimbangkan oleh Senat. Apabila disetujui akan diteruskan ke menteri,” pungkasnya. ***