DKP Papua Segera Umumkan Data Statistik Perikanan Tangkap

JAYAPURA - Dinas Kelautan dan Perikanan atau DKP Provinsi Papua dalam waktu dekat segera mengumumkan data statistik perikanan tangkap, yang nantinya dapat dipergunakan semua pihak (termasuk investor) untuk berinvestasi di Bumi Cenderawasih.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Kelautan dan Kelautan Provinsi Papua, Iman Djuniawal, usai memimpin rapat penetapan angka statistik perikanan tangkap 2021 dan penyusun data statistik perikanan tangkap semester I 2022 di Jayapura, Rabu (15/6/2022). 


Berkenaan dengan hal itu, Iman juga mendorong 16 kabupaten/kota wilayah pesisir untuk mencatat data perikanan tangkap secara valid. 


Diantaranya dengan melakukan perencanaan yang tak lebih dari kebutuhan data kompeten di wilayahnya. 


“Artinya, segala kemampuan harus digunakan mengingat seluruh potensi laut yang dimiliki Papua harus terdata dengan baik.”


"Makanya perencanaan sangat perlu dalam upaya meningkatkan dan mengembangkan potensi tersebut," kata dia.


Kendati begitu, Iman mengakui masih banyak kelemahan dalam pengambilan data, baik karena kurangnya dukungan anggaran maupun dari sisi aplikasi yang digunakan dalam mendata.


“Tapia hal itu justru menjadi pemicu semangat bagi kami dibperikanan untuk mendapat data yang kompeten”.


"Makanya kedepan kita merasa perlu ada pelatihan bagi petugas lapangan, supaya dalam melakukan pendataan bisa lebih maksimal lagi,” tandasnya. ***