Sekda Ridwan : Satgas Pangan Segera Bergerak Kendalikan Harga di Papua

JAYAPURA - Sekretaris Daerah Papua, Muhammad Ridwan Rumasukun memastikan Satgas Pangan setempat segera bergerak mengendalikan harga jual bahan makanan sebagaimana instruksi pemerintah pusat.

“Kita bahkan sudah mengakifkan Satgas Pangan Papua untuk mengendalikan harga pangan di daerah ini”.


“Dan pengaktifan Satgas Pangan ini sebagaimana instruksi Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian,” terang Sekda Ridwan di Jayapura, Senin (20/6/2022).


Sementara berkaitan dengan kinerja Satgas Pangan, lanjut Sekda, hal demikian telah diserahkan ke Asisten II dan Dinas Pertanian.


“Kemungkinan hari ini mereka sedang menggelar rapat (untuk teknis penanganannya di lapangan)," jelas Sekda.


Sementara Kabid Perdagangan Disperindagkop, UKM dan Naker Papua, Herman Bleskadit mengatakan selama ini pihaknya bersama pihak terkait yang tergabung dalam Satgas Pangan sudah melakukan pengawasan harga pangan setiap hari.


“Selama ini kami sudah menjalankan tugas itu melakukan pengawasan harga pangan setiap hari. Begitupun dengan teman-teman di kabupaten/kota seperti Timika, Merauke, Nabire dan Biak,” jelas ia. 


Herman pastikan, dari hasil pantauan di lapangan, belum ditemukannya lonjakan harga untuk komoditas pangan tertentu. Bahkan distribusi komoditas pangan dari luar Papua juga masih berjalan lancar.


“Tapi pasti nanti lonjakan harga untuk komoditas pangan tertentu itu bisa saja terjadi di saat hari-hari besar keagamaan,” tandasnya


Diketahui, Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavia meminta para kepala daerah mengaktifkan Satuan Tugas (Satgas) Pangan di daerahnya masing-masing. Hal ini untuk mengendalikan harga pangan yang turut terdampak akibat pandemi dan konflik global Ukraina-Rusia. ***