Anggaran 2018 Lebih Banyak Terserap Untuk Pilkada

Sekretaris Daerah (Sekda) Papua Hery Dosinaen mengakui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) pemerintah provinsi 2018, bakal lebih banyak terserap untuk menunjang pelaksanaan Pilkada Gubernur (Pilgub).

Dimana, dari sisi penyelenggaraan, pengawasan maupun pengamanan, telah teralokasi anggaran sekitar Rp 1 triliun lebih.

“Makanya saat ini sementara dilakukan pembahasan bersama pihak terkait untuk menyelesaikan. Karena untuk tahun depan, kita sudah plot anggaran nanti lebih banyak untuk Pilgub. Mulai untuk KPU, Bawaslu serta pihak keamanan,” kata dia di Jayapura, Kamis kemarin.

Dikatakan, saat ini penyusunan dokumen Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) APBD 2018 sementara dikonsolidasikan secara mendalam bersama pihak terkait.

Dilain pihak, seluruh dokumennya masih dalam penyelesaian Rencana Kerja (Renja). “Yang pasti seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemerintah Provinsi Papua pro aktif dalam penyelesaian KUA/PPAS”.

“Untuk itu, saya mengapresiasi dan kita harap proses penyelesaian dalam Renja ini bisa rampung sesegera mungkin,” kata dia.

Meski begitu, Sekda menyebut jika pelaksanaan pembangunan tak akan terhambat, meski sebagian besar dana pembangunan terserap untuk Pilkada.

Pelayanan pembangunan dan kemasyarakatan dipastikan berjalan normal, termasuk pelaksanaan pembangunan venus PON di lima wilayah yang telah ditetapkan sebelumnya.

Sebelumnya, Gubernur Papua Lukas Enembe, meminta agar rancangan APBD 2018 harus ditetapkan dalam bulan ini (Oktober, red), supaya pelaksanaan kegiatan tahun depan bisa berjalan di awal tahun.

“Makanya, saya sudah minta Sekda dan Kepala Bappeda untuk segera masukan KUA PPAS ke DPR Papua supaya bisa segera dibahas,” pintanya.