Pemprov Segera Sidak Pastikan Ketersediaan Stok Bapok Jelang Natal

Pemerintah Provinsi Papua dalam waktu dekat, berencana melakukan inspeksi mendadak (sidak), di sejumlah pasar maupun supermarket yang ada di Kota Jayapura dan sekitarnya.

Sidak tersebut, bertujuan menjaga ketersediaan stok sembilan bahan pokok (sembako) jelang hari raya Natal dan Tahun Baru. Hal demikian disampaikan Asisten Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Papua, di Jayapura, Rabu (6/12).

Menurut dia, bila tak ada halangan sidak tersebut akan dipimpin Gubernur Papua Lukas Enembe. Dengan sidak tersebut, diharapkan kebutuhan masyarakat jelang Natal dan Tahun Baru, bisa terpenuhi.

“Saat ini, lanjut dia, Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) sudah melakukan rapat untuk membahas jadwal sidak tersebut”.

“Memang kita belum menentukan kepastian menggelar sidak, namun kita masih akan melakukan pertemuan sekali lagi untuk memastikan waktu pelaksanaan sidak,” terang dia.

Dia harapkan kepada distributor maupun pedagang agar tidak menaikan harga sembako dengan tanpa mempertimbangkan harga eceran tertinggi. Oleh karenanya, pemerintah provinsi melalui instansi teknis telah diimbau untuk menurunkan tim, guna memantau langsung harga sembako di pasar-pasar maupun supermarket.

“Saya harapkan para pedagang tak menjual sembapok dengan harga mencekik, sehingga masyarakat dapat melaksanakan hari raya Natal dengan suka cita”.

“Saya juga minta pedagang jangan manfaatkan situasi yang sudah mau dekat hari raya, lalu menaikan harga sembako. Kalau bisa menjual dengan harga yang sewajar-wajarnya. Jangan sampai mengambil keuntungan diatas penderitaan orang lain,” imbaunya.

Sementara itu, Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Papua Tommy Israil Ilolu mengaku agenda sidak sudah masuk dalam agenda kerja pimpinan. Sementara untuk kepastian pejabat yang bakal turun melakukan sidak masih menunggu petunjuk Gubernur.

“Siapa yang bakal memimpin sidak menunggu petunjuk pimpinan. Bisa Gubernur atau Sekda juga asisten. Namun kepastian akan disampaikan segera,” terang dia.