Peparnas XVI Ditutup, Papua Juara Umum

JAYAPURA - Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI Papua 2021, resmi ditutup Sabtu (13/11/2021) oleh Presiden Joko Widodo.  


Tuan rumah pun menorehkan “tinta emas” dengan koleksi 125 emas, 85 perak, dan 85 perunggu dengan total 295 medali.


Unggul 23 medali emas, Papua pun berjaya mengalahkan Jawa Barat di posisi dua dengan 102 emas, 85 perak, dan 69 perunggu dengan medali keseluruhan 256. Sementara


"Saya ucapkan selamat kepada Provinsi Papua atas prestasinya yang menjadi juara umum,” kata Presiden, saat menutup event empat tahunan itu, di Stadion Mandala Jayapura.


Presiden pada kesempatan itu mengapresiasi berbagai pihak yang bahu membahu dalam menyelenggarakan Peparnas di Papua. Dimana hasil dari kerja keras itu, memastikan pelaksanaan pesta olahraga tingkat nasional bagi penyandang disabilitas tersebut, dapat terselenggara dengan sukses. 


Terlebih lagi kinerja yang dilakukan oleh pemerintah Provinsi Papua yang secara serius membuat ajang pesta olahraga ini dapat terwujud. 

Sementara Gubernur Papua Lukas Enembe selaku Ketua Umum PB Peparnas XVI merasa bangga atas capaian para atlet Bumi Cenderawasih, yang juga pada setiap perlombaan sangat menjunjung tinggi sportivitas. 


"Hari ini saya kembali berdiri di hadapan para manusia-manusia tangguh yang telah berjuang melampaui keterbatasan yang dimiliki demi provinsi masing- masing”. 


“Kami selaku tuan rumah, sekaligus Ketua Umum Panitia Besar Peparnas XVI Papua dan juga Gubernur Papua sangat bangga dan berterima kasih atas sportifitas yang telah ditunjukan,” kata dia.


Pada kesempatan itu, Lukas meminta seluruh warga Bumi Cenderawasih di empat klaster untuk dapat memanfaatkan dan memelihara fasilitas olahraga yang sudah dibangun dengan megah dan berstandar internasional tersebut. ***