Kemensos Akan Siapkan Lumbung Sosial di Jayapura

JAYAPURA - Kementerian Sosial (Kemensos) RI akan menyiapkan lumbung sosial di Kota Jayapura, untuk kemudian dapat dimanfaatkan dalam menangani serta memberi bantuan bagi para korban bencana.

 

Penegasan ini disampaikan Mensos Tri Rismaharini, saat menengok penanganan korban banjir dan longsor di Kota Jayapura, Kamis (13/1/2022).

 

Ia berharap tempat atau lokasi lumbung sosial tersebut, nantinya disiapkan Walikota Jayapura. 

 

”Tapi nanti kita akan buat di Sentani (Kabupaten Jayapura) dan Kabupaten Mimika. Jadi, sewaktu -waktu dibutuhkan akan sangat dekat (untuk membantu korban bencana). (Sebab) kami punya gudang di Bekasi sangat jauh,” terang Mensos.

 

Sementara itu, Mensos Risma mendatangi lima distrik yang terkena dampak banjir dan tanah longsor di Kota Jayapura. Kunjungan tersebut di terima Walikota Jayapura yang didampingi Kapolda Papua serta pejabat terkait lainnya.

 

Dalam kunjungan tersebut, Mensos juga menyerahkan bantuan total senilai Rp1,3 miliar bagi korban banjir dan tanah longsor. Dimana diantaranya, yakni pemberian santunan bagi ahli waris tujuh korban meninggal dunia, sembako 500 paket, alat kebersihan, tenda, kasur, perlengkapan sekolah dan bahan natura (makanan siap di masak).

 

Bantuan ini masih bisa kami tambah selama masih ada penyintas banjir dan longsor yang ada di posko. Dan bantuan ini merupakan tanggung jawab Kementerian Sosial, tutur Risma.

 

Sementara berdasarkan data dari BMKG curah hujan akan diprediksi masih terjadi hingga bulan Maret, dengan demikian Risma menghimbau masyarakat agar tetap waspada. ***