Proyek Palapa Ring Masih Terkendala di Dua Kabupaten

Proyek pembangunan palapa ring di bumi cenderawasih sampai saat ini masih terkendala di dua kabupaten. Yakni, Yalimo dan Mamberamo Tengah yang mana masih terhambat pada proses jual beli tanah.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Papua, Kansiana Salle mengatakan, dua kabupaten tersebut tidak ingin menjual tanahnya untuk dibangunkan proyek palapa ring. Padahal pemerintah pusat berkeinginan agar setiap lokasi pembangunan palapa ring harus menjadi aset milik negara.

“Makanya, karena kendala itu maka proyek pembangunan palapa ring di Papua kemungkinan ditargetkan rampung pada Desember mendatang. Sebab kita masih berusaha untuk menyelesaikan lahan yang bermasalah itu,” terang dia di Jayapura, kemarin.

Dia katakan, dengan diselesaikannya proyek palapa ring tersebut, diharapkan seluruh kabupaten/kota sudah dapat terkoneksi jaringan. Kendati begitu, diharakan provider turut terlibat aktif mewujudkan koneksi jaringan itu.

“Yang pasti target kita mudah-mudahan bisa terkoneksi semua di kabupaten dan kabupaten. Hanya memang terlebih dahulu mesti disiapkan dulu jalur ‘tolnya’ dulu. Namun bukan berarti langsung on (aktif) jaringannya. Terlebih dahulu provider mesti ikut terlibat dengan menyiapkan Base Transceiver Station (BTS) dan sebagainya,”terang dia.

Ditambahkannya, proyek pembangunan palapa ring merupakan program pemerintah pusat. yang mana sudah dimulai melalui pembangunan kabel fiber optik bawah laut dari Merauke hingga Boven Digoel.

Dengan demikian, diharapkan proses jual beli tanah di Kabupaten Yalimo dan Mamberamo Tengah dapat rampung secepatnya. Dimana nantinya untuk penyelesaian akan difasilitasi oleh pemerintah provinsi.

“Sebab kami sudah berkoordinasi dengan pemerintah daerah terkait, sehingga diharapkan dengan adanya koordinasi tersebut pembebasan lahan dapat berjalan sesuai harapan”.

“Yang pasti pembebasan lahan ini harus diupayakan dapat selesai dengan cepat, sebab target pembangunan palapa ring pada kabupaten yang masih bermasalah harus selesai bersamaan,” pungkasnya.