Agar Jadi Provinsi, Merauke Diminta Tata Kembali Daerahnya

Sekretaris Daerah (Sekda) Papua Hery Dosinaen mengimbau Pemkab Merauke untuk kembali menata daerahnya agar ‘mimpi” menjadi Provinsi Papua Selatan, bisa terpenuhi.

Ia mengimbau Pemkab Merauke untuk segera berkoordinasi dengan kabupaten sekitar, agar persyaratan untuk menjadi sebuah provinsi, bisa terlaksana sebagaimana mestinya. Hal demikian dikatakan Sekda Hery dalam rilis yang diterima harian ini, saat kunjungan ke Merauke, kemarin.

Menurut dia, hal tak kalah penting yang perlu dilakukan oleh Pemkab Merauke, yakni harus terbebas dari peredaran minuman keras (miras). Sebab hal demikian, dipandang penting untuk menyelamatkan masyarakat Papua dari kematian akibat pengaruh miras itu sendiri.

“Untuk itu, kami mengharapkan agar bupati dan semua jajaran untuk bisa melaksanakan program (pemberantasan miras) tersebut. Sehingga dapat benar-benar mengayomi serta melindungi masyarakatnya,” tutur dia.

Dia katakan, pemerintah provinsi memberi apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Merauke agar terus berupaya untuk menata birokrasi di seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dengan baik, termasuk berhasil membangun infrastuktur pemerintahan.

“Karenanya, kita harap Pemkab Merauke terus menata daerahnya. Sehingga dapat terus membangun infrastuktur hingga rakyatnya sejahtera,” tutur dia.

Sementara dengan dibangunnya gedung baru Kantor Bupati Merauke, dia berharap dapat menunjang tugas pemerintahan di kabupaten itu. Pasalnya, kantor ini merupakan sumber inspirasi, perencaanaan, serta tempat pengambilan keputusan yang bermuara pada kepentingan rakyat.

“Karenanya, saya minta agar bupati dan wakil bupati dapat terus melakukan konsolidasi, koordinasi dengan baik. Baik pula secara vertikal, horizontal maupun diagonal dengan semua pihak. Supaya seluruh penyelenggaraan pemerintahan dapat sebagaimana mestinya,” pungkasnya.